Kamis, 26 Februari 2015

Dokter Internship

Sudah hampir 4 bulan saya dan teman-teman menjalani hidup sebagai dokter internship di RSUD dr Murjani Sampit. Apa sih internship? Siapa pula dokter internship?

 Internship adalah program magang selama 1 tahun di RS dan puskesmas yang harus dijalani setelah seseorang menjalani sumpah dokter. Semua dokter lulusan program Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) harus menjalani program ini. Jadi kalau dirunut ke belakang, kami kuliah selama 3,5 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana kedokteran (S.Ked) lalu melanjutkan kepaniteraan klinik selama 1,5 tahun, mengikuti uji kompetensi dan akhirnya melafalkan Sumpah Hipocrates atau lebih sering dikenal dengan Sumpah Dokter. Lalu dimulailah perjalanan kami sebagai dokter internship.

Bagaimana saya dan teman-teman bisa berada di Sampit?

Disini saya coba menguraikan pengalaman waktu mendaftar dan akhirnya memilih wahana internship dulu. Pertama, daftarkan diri ke Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) di daerah Menteng untuk mendapatkan nomor Surat Tanda Registrasi (STR). Setelah itu buka http://internsip.depkes.go.id untuk mendaftarkan diri sebagai dokter intership. Lengkapi semua berkas (dengan cara upload data) dan tunggu sampai ada konfirmasi bahwa data telah diverifikasi. Oya, jangan lupa membuka rekening baru di Bank BRI karena akan diminta datanya saat pendaftaran internship. Kami waktu itu diminta membuat di BRI cab. Pasar Minggu karena konon katanya mereka sudah bekerja sama dengan komite internship sehingga gaji alias Bantuan Hidup Dasar (BHD) akan dibayarkan melalui rekening tersebut. Akan lebih mudah pengurusannya bila terjadi masalah dalam pembayaran BHD. Setelah itu tinggal duduk cantik menunggu tanggal pemilihan wahana yang akan dibuka. Biasanya kita harus rajin membuka website portal internship di atas, supaya tidak ketinggalan info terbaru. Syukur-syukur kalau wahana yang disediakan sudah dipost di web sehingga kita bisa mulai mencari info mengenai RS dan puskesmas yang akan kita pilih nanti.

Setelah melalui proses verifikasi yang mudah-mudah sulit . (Saran saya, perhatikan baik-baik data yang akan dimasukkan). Karena kalau ada sedikit data yang tidak sinkron dengan berkas yang diupload, biasanya data tidak dapat diverifikasi. Deg-deg ser juga menunggu data saya belum diverifikasi sedangkan teman-teman yang di sebelah saya sudah berhasil. Untung setelah menelfon server, data saya berhasil diverifikasi. Berarti saya sudah diizinkan untuk memilih wahana.

Saya dan teman-teman (Yesica, Arini, Vidya, Florencia, dan Rini) mulai menyusun strategi dalam menghadapi pemilihan wahana nanti. Untuk informasi, pemilihan wahana internship dilakukan secara online dan bertahap (lokal dan nasional). Sistemnya siapa cepat dia dapat. Berdasarkan pengalaman teman -teman (khususnya Chriscahya dan Daniel) yang pertama kali menggunakan cara ini, yang kita butuhkan adalah koneksi internet yang cepat dan stabil.

Berikutnya strategi mengenai teman kelompok internship dan daerah mana yang dipilih. Beberapa hari kami mencoba menyatukan pendapat. Apa sih yang kami cari di internship ini, Ilmu? Pengalaman praktek? Kebersamaan? Uang? Cukup rumit karena kami memiliki motivasi masing- masing. Sedikit gambaran, kalau mau pengalaman praktek, pilihlah rumah sakit tipe B atau C karena kebanyakan pasien yang diterima di IGD masih bisa ditangani tanpa harus langsung dirujuk. Di RS tipe tersebut juga terdapat spesialis yang bisa kita ikuti. Biasanya kita diizinkan mengikuti operasi atau tindakan -  tindakan lain yang dilakukan beliau. Lumayan bagi teman- teman yang memiliki keminatan di bidang tersebut, bisa sekalian menambah pengalaman. Berikutnya masalah uang. Ini nih yang biasanya diincar peserta internship, saya sendiri tidak memungkiri tergiur juga akan adanya insentif daerah (insenda) di beberapa daerah. Bersumber dari bisik - bisik yang diterima dari senior dan teman-teman yang sudah lebih dulu menjalani program internship,didapatlah bahwa daerah yang memberikan insenda antara lain Kepri, Papua, Kalbar. Jumlahnya bervariasi, dari ratusan ribu sampai jutaan.  

Selanjutnya, kebersamaan. Apa sih maksudnya?
Kita akan menjalani program ini selama setahun, menurut saya akan lebih menyenangkan kalau bisa bersama sahabat-sahabat yang sudah saya kenal. Karena kita bisa tinggal bersama sebelum nantinya akan berpisah saat masing - masing kembali mengabdi di daerah asal. Ini seperti perjalanan perpisahan ala serial Korea,hehehe. Pilihlah daerah yang memungkinkan kamu dan teman-temanmu bisa diterima bersama saat perebutan wahana nanti (daerah yang menurut kalian kurang dikenal dan sedikit peminatnya).

Aspek berikutnya yang kami pertimbangkan adalah kemudahan akses ke daerah yang kami pilih. Bukalah atlas atau google map untuk mencari lokasi wahana, cari sarana transportasi apa saja yang dapat menjangkau daerah tersebut dari daerah asal kalian. Pertimbangkan waktu tempuh dan biaya transportasi menuju lokasi kalian nanti. Sebagai contoh, kota Sampit jaraknya sekitar 220 km dari Palangkaraya dengan jarak tempuh menggunakan jalur darat sekitar 4 jam. Cukup jauh kalau kami ingin pulang melalui kota Palangkaraya namun setelah mencari info, ternyata Sampit memiliki pelabuhan dan bandara. Ini memudahkan kami bila suatu saat ada keperluan yang membuat kami pulang ke Jakarta.

Strategi dan pengalaman berikutnya akan saya post setelah ini.

12 komentar:

  1. Terima kasih sudah berbagi, jadi nambah pengetahuan tentang kedokteran

    BalasHapus
  2. Sama-sama,Om George. Terima kasih atas atensinya.

    BalasHapus
  3. untuk menghubungi ke servernya gimana caranya mbak katarina..

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Halo Mas Isnandar, cara menghubungi server bisa menggunakan nomor telfon yang ada di halaman utama website internsip.depkes.go.id. Selain itu saya juga sempat mendapat sms pemberitahuan bahwa data belum valid.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Halo Marlin,bisa ngobrol lewat chat FB: Katarina Maria Embula ya.

    BalasHapus
  8. Halo kak, ada line atau twitter yang bisa di hubungi? Mau tanya2 tentang iship, rencana pembukaan ku yang februari besok kak. Makasihhh

    BalasHapus
  9. Halo.. Ada line katarinaembula. Boleh nanti kita ngobrol via line ya.

    BalasHapus
  10. Infonya bermanfaat banget dok buat saya yang mau iship. Thanks doc :)

    BalasHapus
  11. Halo Dokter Soraya, wah senang kalau bisa bermanfaat. Sukses buat ishipnya ya. 😊

    BalasHapus
  12. Yang mencari kost bulanan daerah Toar Plumpang Semper Koja - Jakarta Utara. Sekamar bisa dihuni maksimal 5 orang jadi hitungan jadi murah dan hemat dan fasilitas kamar kost sudah seperti hotel.

    * Bangunan kokoh dibangun akhir tahun 2015 dan sudah memiliki ijin resmi sertifikat IMB kost.

    * kamar luas (3,5m x 4,5m)
    => setiap kamar sudah ada AC, Spring Bed, Lemari, Tv + antena, dispenser + galon.

    * kamar mandi didalam
    => setiap kamar mandi ada kloset duduk & shower mandi.

    * koridor lebar, semua lantai keramik dan setiap public ada CCTV.

    * Free Wifi, Free air minum galon untuk pertama kali masuk (pemasuk pertama).

    * Fasilitas umum ada dapur umum, tempat jemuran dan balkon tempat santai.

    * Ada parkiran dan penjaga kost 24 jam setiap hari.

    Harga sewa perbulan Rp 1.800.000,-

    Yang berminat silahkan datang langsung ke lokasi atau hubungi/call tidak melayani sms.

    Yosep Kost Toar Semper,
    Jl. Toar II Blok B4 No.1,
    Tugu Utara,
    Koja, plumpang semper,
    Tg.Priok,
    Jakarta Utara,
    Indonesia

    Hp: 081808998454, 081227638546
    (Tidak melayani sms)

    #DIBANTUSHARE

    BalasHapus